Pentingnya Membangun Kehidupan Doa

Ketika Tuhan Yesus masih berada di Bumi, sebelum Ia melakukan aktifitas untuk sepanjang hari itu dikatakan Firman Tuhan bahwa: “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana“ (Markus 1:35).

Puji Tuhan sampai saat ini di gereja kita telah berlangsung doa pagi dan tambah hari Tuhan menambahkan jiwa-jiwa yang bergabung di dalam doa pagi ini. Doa pagi ini sebetulnya hanya berlangsung selama setengah jam yakni dari pukul 05.00–05.30, tapi seringkali jemaat sudah datang sebelum waktu tersebut. Ini menunjukkan bahwa ada suatu kerinduan yang besar untuk bersekutu dengan Tuhan dan rasa perlu akan pertolongan Tuhan dalam kehidupan mereka. Sekali lagi puji Tuhan.

Demikian juga doa malam yang diadakan setiap hari Jumat sebagai doa untuk seluruh pelayan Tuhan dan seluruh Sidang Jemaat. Berbicara mengenai doa malam, Tuhan Yesus kerap kali berdoa di malam hari bahkan dikatakan Ia berdoa semalam-malaman. “Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah“ (Lukas 6:12).

Gereja mula-mula juga memberikan teladan bagi kita dalam hal berdoa, karena dikatakan mereka tiap-tiap hari berada di Bait Allah, mereka sering berkumpul bersama-sama dan berdoa. “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekuuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah.“ (Kis. 2:42, 46 ).

Jadi doa adalah merupakan hal vital dalam kehidupan Gereja Tuhan, karena melalui doalah kita berkomunikasi dengan Bapa kita di Sorga. Seperti kata Firman Tuhan: “ADA TERTULIS : RUMAH-KU AKAN DISEBUT RUMAH DOA“ (Matius 21 : 13 ).

Sebagai gembala yang dipercayakan Tuhan untuk menggembalakan domba-domba-Nya, maka saya mengajak seluruh sidang jemaat mari kita tingkatkan doa kita. Baik itu doa pribadi, doa keluarga, doa bersama pelayan, dan doa bersama seluruh sidang jemaat, karena Firman Tuhan mengatakan: “Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya” (Yak. 5:16).

Kiranya Tuhan Yesus menolong kita agar dapat semakin bergiat di dalam kehidupan doa kita kepada Tuhan. Tuhan memberkati kita semua.

0 comments:

Post a Comment

 
Yohanes 14:6b "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.