Manfaat Kehidupan yang DiGerakkan Oleh Tujuan

“Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepadaMulah ia percaya” (Yesaya 26:3).
Dalam suara gembala yang lalu, kita telah merenungkan bersama lima penggerak yang paling umum yang bisa menggerakkan kehidupan manusia. Harapan saya adalah kehidupan kita digerakkan oleh tujuan yang benar, dimana kita hidup untuk memenuhi rencana Allah yang indah dalam hidup kita. Hidup berdasarkan tujuan Allah adalah jalan menuju damai sejahtera.

Rick Warren menuliskan ada lima manfaat besar dari kehidupan yang memiliki tujuan:

1. Mengenali tujuan Anda memberi makna bagi kehidupan Anda.
Seorang anak muda yang berusia dua puluhan menulis, “Saya merasa gagal karena saya berjuang untuk menjadi sesuatu, dan saya bahkan tidak mengetahui apa sesuatu itu. Satu-satunya cara bertindak yang saya ketahui adalah bertahan. Suatu hari, jika saya menemukan tujuan saya, saya akan merasa mulai hidup.”
Ternyata, tragedi terbesar bukanlah kematian, melainkan kehidupan tanpa tujuan. Tanpa Allah, kehidupan tidak memiliki tujuan, dan tanpa tujuan, kehidupan tidak memiliki makna. Tanpa makna, kehidupan tidak memiliki arti atau harapan. Allah mengetahui rancangan yang terbaik bagi kita dan Dia menjamin masa depan yang penuh harapan bagi kita yang percaya kepada-Nya (Yer. 29:11).

2. Mengenali tujuan Anda memudahkan kehidupan Anda.
Tujuan kita menjadi patokan yang kita pakai untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan mana yang penting dan mana yang tidak. Kita perlu bertanya, “Apakah kegiatan ini membantu saya memenuhi salah satu dari tujuan Allah bagi kehidupan saya?” Kehidupan yang memiliki tujuan membawa pada gaya hidup yang lebih sederhana dan jadwal yang lebih terkendali.

3. Mengenali tujuan Anda membuat kehidupan Anda memiliki fokus.
Tanpa tujuan yang jelas, kita akan terus mengubah arah pekerjaan, hubungan, gereja, atau lingkungan - dengan berharap bahwa setiap perubahan akan menghentikan kebingungan atau mengisi kekosongan di dalam hati kita. Dengan mengenali tujuan Allah dalam hidup kita, maka kita akan menfokuskan usaha dan energi kita pada apa yang menjadi rencana Allah dalam hidup kita.

4. Mengenali tujuan Anda akan memotivasi kehidupan Anda.
George Bernard Shaw menulis, “Inilah sukacita sejati dalam hidup: dipakai untuk suatu tujuan yang disadari oleh diri Anda sebagai tujuan yang hebat….” Mengenali tujuan hdup kita akan membangkitkan motivasi yang kuat.

5. Mengenali tujuan Anda akan mempersiapkan Anda untuk menghadapi kekekalan.
Hidup untuk menghasilkan warisan dunia adalah sasaran yang dangkal. Adalah lebih bijaksana kalau orang menggunakan waktunya untuk membangun warisan yang kekal. Suatu hari kita akan berdiri di hadapan Allah, dan Dia akan memeriksa kehidupan kita, sebelum kita memasuki kekekalan. Allah akan bertanya tentang dua pertanyaan penting. Pertama, “Apakah Anda menerima apa yang Yesus kerjakan bagi Anda dan apakah Anda belajar untuk mengasihi dan mempercayai-Nya?”

Pertanyaan kedua, “Apakah yang telah Anda lakukan dengan kehidupan Anda, yakni semua karunia, talenta, kesempatan, energi, hubungan dan kekayaan yang telah Allah berikan kepada Anda?” Kiranya Tuhan menolong kita untuk dapat menjawab kedua pertanyaan ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Yohanes 14:6b "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.