iPad Gantikan Buku Liturgi di Gereja

ROMA, KOMPAS.com - Dengan dukungan aplikasi yang sabgat banyak, perangkat iPad buatan Apple bisa digunakan untuk bermacam keperluan. Dari perangkat baca, bermain game, akses internet , dan lainnya. Bahkan, seorang pastur di Italia telah menggunakannya sebagai pengganti buku liturgi saat memimpin misa di gereja Katolik.

Pastor bernama Paolo Padrini yang kini menjabat konsultan di Dewan Kepausan untuk Komunikasi Sosial di Gereja Vatikan membuat aplikasi yang fungsinya sama dengan buku liturgi untuk digunakan di berbagai negara. Ia mengatakan aplikasi tersebut akan tersedia gratis mulai Juli dalam Bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Italia, dan Latin.

"Buku dalam bentuk cetak tidak akan pernah hilang. (Tapi), kita seharusnya tidak mempermasalahkan kehadiran perangkat baru di latar untuk mendukung ritual berdoa," ujar Padrini. Ia meyakini hadirnya aplikasi di perangkat seperti itu membantu para pastur yang sering berkeliling dari satu tempat ke tempat lain.
Loading...
Bukan kali ini Padrini melakukan terobosan untuk mentransformasikan buku konvensional yang dipakai gereja-geraja ke dalam perangkat digital. Dua tahun lalu, ia juga membuat aplikasi untuk iPhone bernama iBrievary yang berisi buku doa harian yang digunakan para pastor selama ini. Sampai sekarang, aplikasi ini sudah diunduh 200.000 kali.

Aplikasi untuk iPad mirip dengan iBrievary, namun lebih lengkap karena berisi juga bacaan-bacaan dan lagu yang dinyanyikan selama misa sepanjang tahun. Upgrade berikutnya, Padrini menjanjikan bakal menyediakan fitur audio serta komentar-komentar dan saran untuk homili serta iringan musik.

Karena kesuksesan iBrievary pula, Padrini direkrut Gereja Vatikan untuk menjalankan program yang menyasar generasi muda. gereja Vatikan sendiri terbuka dengan hadirnya teknologi baru. Paus Benediktus XVI yang suka musik klasik bahkan sudah menggunakan iPod sejak 2006. Gereja Vatikan juga rutin meng-update kanalnya di YouTube dan Facebook.

Sumber : Kompas Tekno

0 comments:

Post a Comment

 
Yohanes 14:6b "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.