Tetap Tegar di Masa Sukar - 3

Baca Sebelumnya :
Tetap Tegar di Masa Sukar - 1
Tetap Tegar di Masa Sukar - 2


1 Petrus 3:8-4:19
Artikel sebelumnya berbicara tentang bagaimana kita untuk menjadi tegar di masa sukar adalah kita harus mengevaluasi dan memperbaiki diri di dalam menjalani hidup ini. Adapun langkah terakhir adalah berkaitan dengan Tuhan yang menjadi sumber rasa aman kita.

Langkah ketiga untuk tetap tegar di masa sukar adalah mengembangkan hubungan yang akrab dan hangat dengan Allah.

Rasul Petrus menegaskan hal ini dalam 1Petrus 5:10 "Dan Allah, sumber segala kasih karunia yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan memperlengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu …" Ternyata Allah tidak berpangku tangan ketika kita harus melewati masa-masa yang sulit dalam kehidupan ini. Allah terus bekerja di dalam diri kita. Bagaimana Allah bekerja di dalam diri kita?

Allah bekerja di dalam diri kita melalui penyediaan kasih karunia yang melimpah. Firman Tuhan mengatakan bahwa Allah adalah sumber segala kasih karunia. Perhatikan kata ”segala” yang menunjukkan cakupan yang tak terbatas. Allah adalah sumber kasih karunia yang cakupannya tak terbatas. Berapapun kasih karunia yang kita butuhkan, Allah sanggup memenuhinya. Mintalah kasih karunia-Nya setiap hari untuk menghadapi kehidupan ini.

Melalui kasih karunia itu Rasul Petrus menegaskan bahwa Allah bekerja di dalam diri kita dengan menggunakan empat kata : memperlengkapi, meneguhkan, menguatkan, dan mengokohkan. Ini berarti Allah memandang serius kesulitan hidup yang kita jalani. Allah ingin agar kita menjadi tegar di masa sukar. Tetapi, bagaimana kita dapat merasakan pekerjaan Tuhan yang memberikan topangan dan kekuatan itu? Tentu hanya melalui hubungan yang akrab dan hangat dengan Allah. Kita dapat memiliki hubungan yang akrab dan hangat dengan Allah melalui doa, pujian, pembacaan dan melakukan firman Tuhan. Bukan sekedar rutinitas, tetapi muncul dari hati yang mencintai Allah. Semakin kita membina hubungan yang akrab dan hangat dengan Allah, maka semakin tegar pulalah kita di masa yang sukar ini.

Ketika kita bangun pagi, hampiri dahulu Allah dengan doa dan merenungkan firman-Nya. Mintalah kasih karunia Allah agar kita diperlengkapi, diteguhkan, dikuatkan dan dikokohkan di dalam menghadapi masa sukar. Marilah kita menyanyikan pujian dibawah ini:

Bila hati terasa berat
Tak s’orangpun mengerti bebanku
Kutanya Yesus apa yang harus kubuat
Dia berfirman mari datanglah
Dia selalu pedulikan aku
Kudatang Yesus dia pikul s’gala bebanku

Sujud di altar-Nya
Kubawa hidupku
Kut’rima anugrah-Nya
Dia ampuniku dan bebaskanku
Dia ubah hidupku
Baharui hatiku
Sesuatu terjadi saat datang di altarNya

0 comments:

Post a Comment

 
Yohanes 14:6b "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.