Bersyukur

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. Kolose 3:17

Sering kita lupa bahwa sebagai orang Kristen, kita perlu menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan. Mengapa rasa syukur itu sangat penting?

1. Rasa syukur membuat kita tetap setia - Ibrani 12:1-4
Rasa syukur akan menjaga hati kita dari kekecewaan dan putus asa. Dan rasa syukur hanya bisa terjadi kalau kita selalu menatap kepada Yesus. Seringkali kita terlalu fokus kepada hal-hal yang harus kita ubahkan sehingga kita lupa pada hal-hal yang telah Tuhan ubahkan dalam hidup kita. Kita fokus kepada masalah dan melupakan berkat yang telah Tuhan berikan. Bagaimana kita bisa bersyukur:

  • Pikirkan hal-hal/berkat yang Tuhan telah berikan kepada kita: surga, keselamatan, kesehatan, keluarga, pekerjaan, makanan, teman, dll.
  • Pikirkan hal-hal yang telah Tuhan bantu dalam hidup kita: mengubahkan hidup kita, bertumbuh, membantu orang lain, dll.
  • Pikirkan impian-impian yang bisa terjadi yang kita ingin capai.
2. Rasa syukur akan membuat hati kita murni - Filipi 1:12-18
Loading...
Paulus tetap semangat walaupun ia berada di penjara. Paulus tidak pahit kepada Tuhan atas penderitaan yang ia alami. Paulus tidak menyalahkan Tuhan, tidak menggerutu atau meninggalkan Tuhan karena keberadaan dia di penjara. Mengapa? Karena rasa syukurnya jauh melebihi penderitaan yang dialaminya.

Lawan kata dari "rasa syukur" adalah "kepahitan". Apabila kamu dikelilingi masalah, cobaan, tantangan, ujian, tegoran, yang dapat membuatmu sakit hati, apakah kamu pahit? TIdak ada seorangpun yang bisa membuat kamu pahit atau sakit hati terhadap seseorang, kamulah yang memilih jalanmu sendiri. Kamu memilih apakah kamu akan tetap bersyukur atau kesal dan bersungut-sungut?

Apakah sukacitamu, kegembiraaanmu dan rasa syukurmu menonjol di antara orang lain? Itu akan terlihat dari wajahmu dan perbuatanmu. Untuk mempunyai hati yang murni walaupun situasinya sangat sulit, kita harus menumbuhkan rasa syukur dalam diri kita. Ingat selalu akan Paulus yang berkelimpahan rasa syukurnya kepada Tuhan. Pelajari hidup Paulus sehingga kamu dapat mengerti mengapa dia sangat bersukacita!

3. Rasa syukur akan membuat kita gembira - Filipi 4:4-9
Bersukacitalah senantiasa! Jangan kuatir akan apapun juga. Yang harus kita lakukan adalah memohon dan memohon kepada Tuhan dengan hati yang penuh pengucapan syukur.

Iblis selalu menyerang kegembiraan kita. Apakah iblis dengan gampang mengambil sukacita kita? Apakah hanya dibutuhkan 1 (satu) masalah saja sudah membuat sukacita kamu hancur? Seberapa keras iblis harus bekerja untuk membuat kita tidak gembira?

Jangan biarkan iblis mengambil sukacitamu dengan begitu gampang:
  • Pikirkan hal-hal yang murni, yang baik, yang adil, yang mulia (lihat ayat 8). Jangan biarkan pikiranmu dikuasai oleh pikiran negatif, kritikal, emosi, asumsi, kecewa, putus asa, dll.
  • Jangan jadi Kristen yang "kaku", tegang, beban, sedih atau selalu merasa bersalah. Tunjukkan rasa sukacitamu.
  • Buat banyak persahabatan, lakukan kegiatan/hobby, dll untuk melepaskan kegembiraanmu.
4. Rasa syukur akan membuat kita termotivasi - Ibrani 12:28-29
Kita hidup dalam kerajaan yang akan tergoncang, tetapi bayangkan bahwa suatu hari Tuhan akan memanggil kita semua dan membawa kita ke dalam kerajaanNya, suatu kerajaan yang tidak akan tergoncangkan, SURGA!

Bagaimana perasaan kamu akan hal itu? Bagaimana perasaanmu apabila di akhir jaman, Tuhan mengangkat kita semua dari dunia ini dan berkumpul bersama Dia di surga? Tidak akan ada kesakitan, tidak ada masalah, tidak ada kesepian, tidak ada kekecewaan, dll. Apakah kamu bersyukur akan hal itu?
  • Surga harus menjadi motivasimu untuk selalu bersyukur. Tidak ada berkat yang melebihi hal ini.
  • Surga harus menjadi motivasimu untuk selalu setia dan berjuang untuk menginjilli orang-orang di sekitarmu, keluargamu, kotamu, bahkan di nusantara.
  • Apa motivasi kamu memimpin? Apa motivasimu datang ke kebaktian? Berdoa? Membaca Alkitab?
Apakah hidup Kristen-mu termotivasi oleh surga? Apakah itu terlihat dari kegembiraanmu, rasa syukurmu? Hitung berkat yang kamu terima dalam hidupmu! Ekspresikan itu secara terus menerus! Ekspresikan itu di wajahmu! Tersenyum! Ceria! Bersahabat dengan orang lain dengan hati yang bersyukur!

0 comments:

Post a Comment

 
Yohanes 14:6b "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.