Berkat Melimpah Dalam Melayani

Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, Bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin. Efesus 3:20-21

Siapa yang minta didoakan, silahkan maju ke depan! Dengan cepat beberapa anak mengangkat tangan dan maju ke depan. Ada bermacam hal yang mereka minta, di antaranya adalah memohon berkat kepandaian. Saya bersyukur dan memperoleh berkat yang begitu besar dengan mangajar anak-anak Sekolah Minggu, mereka begitu polos dan benar-benar lading yang subur untuk ditaburi firman Tuhan. Mereka memerlukan masa depan yang baik dan terjamin, dan tidak seorangpun sanggup menjamin bahwa masa depan mereka, hanya di dalam tangan Yesus! (Amsal 1:1-7).

Ada seorang anak yang diberi tugas oleh guru Sekolah Minggu untuk mengungkapkan apa yang mereka bayangkan tentang seperti apakah Tuhan Yesus itu. Seorang anak menyampaikan dengan suara pelan bahwa Tuhan Yesus itu seperti seorang pemulung, pemulung yang mencari barang-barang tidak berharga dan mengubahnya menjadi berharga. Seperti Tuhan mengangkatnya dari kehidupan yang tidak berguna menjadi berharga di mata Tuhan.

Loading...
Melayani itu sungguh sangat indah, memang sering terasa melelahkan, banyak yang harus dipikirkan, dikerjakan dan didoakan, dan bahkan sering kita menjumpai masalah yang justru ditimbulkan oleh sesame pelayan dan bahkan hamba Tuhannya sendiri. Tetapi, jangan biarkan masalah-masalah seperti itu menjadi hambatan dan memadamkan semangat kita dalam memberikan yang terbaik bagi pelayanan kita. Karena jerih payah kita adalah semata-mata sebagai ungkapan syukur atas anugerah-Nya yang begitu besar bagi kehidupan kita, dan semuanya itu memberikan kebahagiaan yang hakiki, kita diberkati dan tersu akan merasakan kobaran api cinta Tuhan yang menyala-nyala menghangatkan kehidupan kita di dunia di mana kasih terasa semakin dingin (2 Korintus 9:8).

Apapun pelayanan kita, jangan pernah kita lalukan begitu saja, karena kita akan kehilangan kesempatan mengekspresikan rasa syukur kita kepada Tuhan. Lakukanlah sesuatu untuk pekerjaan-Nya dan janganlah engkau dikalahkan dengan serba-serbi kesulitan di dalam melayani-Nya, yaitu penderitaan, tekanan, kelelahan. Tuhan pasti memampukan kita untuk menanggungnya. Percayalah bahwa Tuhan sanggup menghibur dan memulihkan hati serta memberikan hal-hal yang baru di dalam melayaniNya sehingga kita tidak akan pernah merasa bosan melakukannya bagi

Bersyukurlah atas pintu-pintu yang tertutup!
Belajarlah untuk memuji Tuhan sebanyak mungkin ketika sebuah pintu tertutup bagi kita, sama seperti ketika sebuah pintu dibukakan bagi kita. Alasan Allah menutup pintu-pintu adalah karena DIA tidak menyediakan sesuatu bagi kita di balik pintu itu.

Jika DIA tidak menutup pintu yang salah, kita tidak pernah menemukan pintu yang benar, Allah mengarahkan jalan kita melalui pintu-pintu yang tertutup dan terbuka. Ketika satu pintu ditutup, kita akan terdorong untuk mengubah rencana kita.

Pintu yang tertutup lainnya akan memaksa kita untuk mengubah rencana lagi.
Hingga akhirnya kita menemukan pintu yang terbuka dan kita melangkah menuju
berkat-2 bagi kita. Allah mengarahkan jalan-jalan kita melalui pintu-pintu yang terbuka dan tertutup, namun biasanya bukannya memuji DIA karena pintu yang tertutup (yang justru menghindarkan kita dari masalah) kita sering kali menjadi marah karena kita "menilai atas apa yang tampak saja".

Kita selalu mendapat pertolongan segera pada saat diperlukan. Karena Dia berjalan di atas kepala kita, DIA dapat melihat masalah yang ada di sepanjang jalan yang akan kita lalui, lalu DIA membangun penghambat jalan di sana atau bahkan membuat jalan berkelok. Namun karena kebodohan kita, kita mencoba menghancurkan penghambat jalan atau menyingkirkan tanda melalui jalan berkelok.

Kemudian, pada saat kita menghadapi masalah, kita mulai menangis "Tuhan, mengapa Engkau melakukan hal ini padaku?". Kita harusnya menyadari bahwa pintu yang tertutup dapat merupakan suatu berkat.

Tidakkah dikatakanNYA bahwa Tidak ada kebaikan yang akan disembunyikan dari orang yang mencintaiNYA ? Jika Engkau di-PHK dari pekerjaanmu – pujilah Tuhan karena kesempatan-kesempatan baru yang akan muncul - bisa saja suatu pekerjaan baru atau sekolah lagi.

Jika seorang pria atau wanita tidak menyambut hatimu - mungkin bukan karena mereka sendiri, tapi mungkin Tuhan yang mengatur sebuah penghambat jalan – atau mungkin Tuhan tidak memberikan mereka kepadamu karena Ia telah menyiapkan seseorang yang jauh lebih baik untukmu. (relakanlah).
Kita kadang-kadang dapat merangkap diri kita dalam keraguan dan kekecewaan karena menilai apa yang tampak saja. Aku sungguh bergembira karena banyak kali Bapa Kita telah menutup pintu-pintu bagiku hanya untuk membukakan pintu dalam tempat yang tak terduga. Allah tidak akan selalu mengatakan dengan kata-kata:"belok ke kiri, lalu ke kanan"........ kadang-kadang DIA hanya akan menutup pintu-pintu yang salah.

0 comments:

Post a Comment

 
Yohanes 14:6b "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.