Tulang Yohanes Pembaptis Ditemukan di Bulgaria

SOFIA - Arkeolog Bulgaria mengklaim telah menemukan tulang rangka milik Santo Yohanes Pembaptis dalam sebuah peti mati kuno di bekas biara abad ke-5 di Sveti Ivan Island, Bulgaria. Dalam kepercayaan Katolik, Santo Yohanes pembaptis dikenal sebagai tokoh yang membaptis Yesus Kristus.

Sosok Yohanes disimbolkan sebagai seorang pertapa yang mengenakan pakaian dari bulu domba yang sedang berkhotbah dan bersanding dengan seekor domba. Arkeolog mengungkapkan bahwa tulang belulang yang ditemukan antara lain tengkorak, rahang, lengan, dan gigi. Peti mati tersebut ditemukan tertanam di sebuah altar di reruntuhan biara kuno.

Di dekat peti tersebut terdapat sebuah prasasti Yunani berisi referensi tanggal 24 Juni, tanggal yang diyakini sebagai hari kelahiran Yohanes Pembaptis.

"Kami menemukan tulang Santo Yohanes Pembaptis, setidaknya itulah yang diperkirakan para arkeolog," kata Bozhidar Dimitrov mantan Direktur Museum Sejarah Nasional, seperti dilansir Telegraph, Jumat (6/8/2010).

"Dan kami telah mengonfirmasi bahwa ini adalah bagian dari kerangka Yohanes pembaptis," kata Dimitrov.

Namun, hingga saat ini yang masih menjadi pertanyaan adalah asal usul keberadaan peti mati tersebut di Pulau Sveti Ivan. Menurut Dimitrov, kemungkinan besar peti tersebut sengaja dipindahkan saat masa Kekaisaran Bizantium.

Namun para ahli lainnya meragukan klaim tersebut. Sebab itu masih diperlukan tes menggunakan karbon sebelum tulang dapat diidentifikasi sebagai Yohanes Pembaptis. Banyak negara di sekitar Laut Tengah mengklaim memiliki rangka Yohanes Pembaptis, termasuk Turki, Montenegro, Yunani, Italia dan Mesir. (ugo)

Sumber : okezone.com

0 comments:

Post a Comment

 
Yohanes 14:6b "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.