Pastor Oranje Diskors

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Seorang pastor Katolik Roma di Belanda, Paul Vlaar van Obdam, akan segera diskorsing. Pasalnya, pada misa Minggu (11/7/2010), ia menyulap gereja menjadi ajang untuk mendukung tim Belanda di Piala Dunia.

Pastor ini, sebagaimana dilansir situs berita Radio Nederland akhir pekan lalu, memakai jubah oranye dan gerejanya dipenuhi bendera dan hiasan berwarna serupa. Koor gereja menyanyikan lagu-lagu bola, seperti "Viva Hollandia". Mereka bahkan bersepak bola di tengah gereja.

Pastor Vlaar menjelaskan, lewat misa yang tidak konvensional, ia ingin mengangkat rasa kebersamaan dan kerja sama tim dalam kesebelasan Belanda.

Namun, Keuskupan Haarlem-Amsterdam tidak menyetujui caranya. Otoritas gereja merasa Vlaar telah merusak kesakralan gereja dengan aksinya tersebut. Sebelumnya, Vlaar juga pernah ditegur karena terlalu banyak memakai unsur kontemporer dalam misanya.

Di internet, gambar misa oranye ini jadi sangat terkenal. Keuskupan menyatakan, di sejumlah situs jejaring sosial, banyak komentar negatif dari umat Kristen atas misa ini. Mereka umumnya terkejut melihat foto-foto misa.

Toh, tak kalah banyak yang mendukung Vlaar. Menurut mereka, Pastor Vlaar mengerti apa yang sedang menjadi pusat perhatian orang dan ia hanya ingin memberikan unsur kontemporer dalam agama.

0 comments:

Post a Comment

 
Yohanes 14:6b "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.